Event
Stan Perguruan Tinggi Indonesia Ramai Dikunjungi Pelajar Thailand
4 years, 2 months ago Posted in: Event 0
Hat Yai, 16 Agustus 2013–Pameran Pendidikan Tinggi Prince of Songkla University Open Week: PSU Education Fair di Hatyai, Thailand berhasil menarik perhatian ribuan pelajar Thailand.

Panitia penyelenggara mencatat tak kurang dari 300.000 pengunjung hadir dalam kegiatan ini. Baik pelajar sekolah menengah, sekolah dasar, orang tua, maupun pengunjung umum.

Pameran ini merupakan kegiatan tahunan Prince of Songkla University, tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-17. Program yang ditawarkan selama pameran terdiri dari berbagai kegiatan termasuk Konferensi Akademik, Seminar, Penelitian dan Inovasi , Pertunjukan  Panggung, serta Pameran Pendidikan Tinggi. Pameran ini dibuka secara resmi oleh H.E. Chuan Leekpai, mantan Perdana Menteri Thailand yang juga merupakan Dewan Pembina Prince of Songkla University (16/8).

Stan 21 perguruan tinggi dari indonesia mampu menarik perhatian pelajar-pelajar Thailand, terutama pelajar dari Thailand Selatan. Hal ini disebabkan karena  Thailand Selatan memiliki banyak penduduk muslim berbahasa Melayu. Sehingga secara budaya, Thailand Selatan tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

Hal menarik dalam pameran ini, alumni-alumni mahasiswa Thailand yang pernah belajar di Indonesia ikut terlibat dalam menjelaskan perguruan tinggi Indonesia  kepada para pengunjung. Tapanee Taweekayujan, salah seorang Mahasiswa Thailand penerima Beasiswa Darmasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang terlihat aktif memberikan penjelasan kepada para pengunjung.

Beasiswa Darmasiswa adalah Beasiswa yang diberikan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada calon mahasiswa asing yang ingin belajar Bahasa Indonesia  dan Budaya Indonesia di berbagai perguruan tinggi Indonesia selama satu tahun.

Konsul Indonesia di  Hat Yai Thailand Heru Wicaksono menyebutkan saat ini ada sekitar 500 lebih alumni mahasiswa Indonesia di Thailand Selatan, baik yang berasal dari beasiswa Pemerintah Indonesia, Pemerintah Thailand, maupun biaya mandiri.

Beberapa program studi yang menjadi daya tarik dari perguruan tinggi Indonesia bagi pelajar Thailand antara lain program keguruan, kedokteran, Islamic Studies dan program studi lainnya. Selain itu menjaring calon mahasiswa, perguruan tinggi Indonesia berkesempatan menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi Thailand dan perguruan tinggi dari negara lainnya yang turut hadir selama penyelenggaraan pameran.

Adapun 21 perguruan tinggi Indonesia yang ikut serta dalam pameran pendidikan kali ini yaitu Universitas Ahmad Dahlan ,Universitas Bina Darma, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin Universitas Islam Malang, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, Universitas Kristen Petra Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjadjaran, STIE IEU Surabaya, AKPAR Muhammadiyah Aceh, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Manufaktur Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Negara Syarif Hidayatullah, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Negeri Yogyakarta.

Leave a Reply





Copyright © 2012 Politeknik Negeri Jakarta.